Ini Dia Herbal Ampuh untuk Atasi Katarak

Katarak adalah satu dari sekian jenis penyakit yang menyerang mata dengan ciri-ciri utama terlihat semacam noda keputihan layaknya awan di lensa mata. Masalah penglihatan ini selain diatasi dengan jalan operasi, juga bisa diobati dengan memanfaatkan herbal ampuh untuk atasi katarak.

Secara normal, lensa mata mengandung begitu banyak air dan juga pasokan oksigen sehingga cahaya yang masuk pada mata akan langsung diteruskan ke retina agar diproses lalu dikirim balik dengan melalui saraf optik menuju otak. Katarak sangatlah mengganggu bagi penderita yang mengalaminya.

Penderita Katarak

Mata Katarak

Sebagian besar penderita katarak ini terdapat di negara-negara dengan iklim tropis layaknya Indonesia. Di Indonesia sendiri, tak kurang dari 2 juta jiwa mengalami gangguan penglihatan katarak dan disinyalir terus bertambah sebanyak 240 ribu jiwa di tiap tahunnya.

Dengan status gangguan mata yang dapat menyebabkan kebutaan  permanen, maka katarak tidak bisa Anda remehkan, namun juga tak perlu ditakutkan secara berlebihan. Seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran saat ini, katarak telah bisa disembuhkan melalui jalan medis.

Penyebab Mata Katarak

Penyebab Mata Katarak

Penyebab paling populer di tengah masyarakat terkait mata katarak adalah faktor bertambahnya usia. Akan tetapi, pada penelitian lebih lanjut ternyata ditemukan penyebab-penyebab lainnya selain penyebab tersebut.

Bahkan baru-baru ini diketahui bayi pun beresiko mengidap katarak kalau saja sang ibu terinfeksi virus ketika sedang hamil. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab katarak:

1. Faktor Genetika atau Keturunan

Seseorang dengan silsilah keluarga yang pernah mengalami gangguan mata katarak akan relatif memiliki resiko terkena katarak, dibandingkan mereka yang dalam silsilah keluarganya tak memiliki riwayat penyakit ini.

2. Cacat Sejak Lahir

Kemungkinan ibu tertular virus selama masa kehamilan hingga penggunaan obat dapat menjadi faktor utama kasus seperti ini.

3. Berbagai Masalah Kesehatan

Semisal mereka yang mengidap diabetes, akan beresiko besar terkena katarak.

4. Efek Samping dari Menggunakan Obat Tertentu

Obat-obatan tertentu yang digunakan semisal steroid.

5. Mata Tanpa Perlindungan dari Sinar Matahari dalam Jangka Waktu yang Lama

Aktivitas di bawah matahari tanpa perlindungan langsung bagi mata sangat beresiko besar menyebabkan kondisi katarak.

6. Pernah Menjalankan Operasi pada Mata di Masa Sebelumnya

Riwayat operasi di bagian mata juga bisa memicu kondisi katarak.

7. Trauma Benturan yang Terjadi pada Bagian Mata

Trauma benturan yang diakibatkan kecelakaan, utamanya pada area mata, bisa memicu penyumbatan pada lapisan retina mata penyebab katarak.

Gejala Mata Katarak

Gejala Mata Katarak

Untuk mengetahui sejak dini apakah mata Anda terserang katarak atau tidak, perlu sekali untuk mengetahui apa saja gejala-gejalanya. Hal tersebut juga agar segera bisa diatasi. Adapun gejala-gejala dari mata katarak mulai dari yang ringan hingga berat antara lain:

  • Gatal dan sering berair pada area mata.
  • Penglihatan samar ataupun kurang jelas.
  • Tidak mampu menahan silaunya cahaya atau ketika kontak secara langsung dengan cahaya muncul rasa sakit pada mata serta kepala atau istilah lainnya over sensitive terhadap cahaya.
  • Cahaya atau objek terlihat rangkap bila melihat dengan satu mata saja.
  • Membutuhkan cahaya yang lebih terang bila harus melihat atau membaca.
  • Terdapat noda putih pada tengah-tengah lensa mata sehingga terlihat buram layaknya kaca susu.
  • Pada stadium akhir, noda putih tersebut menutup seluruh bagian dari lensa mata.

Berbagai Jenis Penyakit Katarak

Berbagai Jenis Mata Katarak

Katarak pada mata seseorang diklasifikasikan menjadi berbagai jenis berdasarkan pada penyebab atau pemicu katarak. Pengetahuan atas jenis katarak ini bisa bermanfaat untuk memilih jenis penanganan medis atau alternatif herbal yang dipilih untuk mengatasinya. Jenis-jenis katarak antara lain:

1. Katarak Senilis

Yakni katarak yang ditimbulkan atau lumrah dijumpai pada orang-orang lanjut usia yang merupakan bagian dari penuaan.

2. Katarak Kongenital

Yakni jenis penyakit katarak yang merupakan cacat dari lahir yang dapat disebabkan oleh infeksi virus pada ibu hamil, atau gangguan saat fase pembentukan janin karena kurangnya nutrisi dan vitamin.

3. Katarak Komplikata

Yakni katarak yang terjadi dikarenakan komplikasi dari berbagai penyakit misal infeksi mata, diabetes, hipertensi, kekurangan vitamin serta nutrisi, dan juga dari kebiasaan buruk seperti merokok.

4. Katarak Traumatik

Yakni katarak yang dipicu oleh terjadinya benturan pada area sekitar mata atau bagian mata.

5. Katarak Sekunder

Yakni katarak yang terjadi efek resiko menjalankan operasi yang kurang menjaga kebersihan atau steril pada mata.

Berbagai Tumbuhan Herbal Ampuh untuk Mata Katarak

Herbal Mata Katarak

Setiap penyakit (pasti) ada obatnya. Kaidah tersebut sah-sah saja diyakini untuk penanganan katarak secara alami. Sejatinya terdapat beberapa tumbuhan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai herbal ampuh untuk atasi katarak, antara lain:

1. Kembang Telang

Siapa yang tak kenal kembang telang? Tanaman dengan nama ilmiah Clitoria ternatea L yang termasuk ke dalam famili Papilionaceae ini selain memiliki manfaat mengobati berbagai penyakit seperti bisul, abses, sakit telinga, busung perut, juga mampu mengatasi gangguan mata katarak.

Dengan warnanya yang khas kebiruan, kembang telang terbukti cukup ampuh sebagai bahan alami. Cara mengkonsmsinya adalah dengan mengambil bunganya yang berwarna biru, kemudian basuhlah kedua mata tatkala air rendaman tersebut telah berwarna kebiruan.

2. Almond

Kacang jenis ini ternyata dapat juga dijadikan sebagai solusi herbal untuk gangguan mata katarak. Cara mengkonsumsinya adalah di pagi hari setelah kacang almond tersebut sudah direndam dalam air selama semalaman. Cara makannya bisa dimakan langsung setelah disangrai sampai kering.

Hal ini dilakukan dikarenakan asam lemak jenis omega-3 serta senyawa organik yang dikandungnya cukup efektif dalam mencegah peradangan, sehingga akhirnya mengurangi resiko katarak.

3. Bilberry

Bilberry (Vaccinium myrtillus), tumbuhan yang berasal dari daratan Eropa Utara ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi katarak. Berbagai penelitian pun telah dilakukan dan terbukti secara ilmiah dan telah dipublikasikan secara luas di berbagai jurnal penelitian.

Pada jurnal yang berjudul ‘Suplementasi Ekstrak Bilberry Menurunkan Kadar Malondialdehid Lensa Penderita Katarak Senilis’ yang dirilis oleh T Budi Sulistya dan Alfi Mutammima, terbukti sudah eksistensi dan efektifitas bilberry sebagai herbal ampuh untuk mengatasi katarak ini.

Lebih lanjut, jurnal ilmiah yang didasarkan atas penelitian yang dilakukan di Laboratorium Ilmu Kesehatan Mata RSU Dr. Saiful Anwar Malang tersebut mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan poten dalam bilberry mampu memberikan pengaruh signifikan bagi kekuatan mata.

Bilberry Adawiyah 99 untuk Solusi Mata Katarak

Bilberry Adawiyah Untuk Mata Katarak

Bilberry Adawiyah 99 yang notabene merupakan ekstrak murni dari bilberry tentu saja memiliki nilai kandungan yang tinggi dari zat-zat antioksidan buah tersebut. Karena itulah, Bilberry Adawiyah 99 ini menjadi sebuah herbal ampuh untuk atasi katarak yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan bentuk ekstrak, tentu saja Bilberry Adawiyah 99 ini praktis untuk dikonsumsi secara berkelanjutan. Walau begitu, nilai kandungan zat yang dibutuhkan pastinya tetap terjaga dikarenakan pengolahan ekstraksinya dilakukan secara profesional dan higienis,

Kandungan bilberry yang ampuh untuk mata katarak kini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui produk Bilberry Adawiyah 99. Jadi, apabila Anda memilih solusi alami untuk kondisi katarak yang Anda alami, produk herbal ini agaknya merupakan pilihan tepat.

Tinggalkan komentar