Herbal Ampuh untuk Atasi Glaukoma

Glaukoma menjadi salah satu momok bagi kesehatan khususnya mata. Bagaimana tidak? Salah satu kontributor kebutaan di bumi ini disebabkan oleh glaukoma. Berbagai cara diupayakan, beberapa di antaranya adalah mengatur pola hidup, pola makan, dan konsumsi herbal ampuh untuk atasi glaukoma.

Glaukoma memang tak main-main, karena kerusakan saraf optik merupakan pangkal dari terjadinya glaukoma sebagai cikal bakal dari kebutaan. Maka dari itu, kenali lebih dalam penyebabnya agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Penyebab Terjadinya Glaukoma
Penyebab Glaukoma

Secara ringkas, gangguan penglihatan bernama glaukoma bisa dimaknai sebagai kondisi berkurangnya bidang pandang dikarenakan rusaknya saraf optikus. Saraf optikus ini sendiri bisa diibaratkan sebagai penghubung informasi yang ditangkap oleh mata menuju ke otak.

Dengan kata lain, ini mirip dengan kabel listrik yang fungsinya meneruskan informasi penglihatan yang masuk ke mata untuk selanjutnya diproses di otak untuk diproses.

Gangguan atas saraf optik ini meliputi kompresi, yakni suatu kondisi tekanan yang cukup tinggi di bagian intraokuler. Tekanan intraokuler sendiri bisa disebabkan oleh adanya hambatan pada aliran sekresi cairan mata atau produksi berlebihan cairan mata.

Apabila tidak segera tertangani, glaukoma bisa menyebabkan terjadinya penurunan ketajaman penglihatan. Sedangkan pada stadium lanjut, kehilangan penglihatan bisa menjadi satu dampak menyedihkan yang dialami penderita glaukoma.

Gejala Glaukoma
Gejala Glaukoma

Gejala glaukoma diklasifikasikan menjadi dua, yakni glaukoma sudut tertutup dan glaukoma sudut terbuka. Mereka yang menderita gangguan glaukoma tingkat akut, biasanya akan merasakan beberapa gejala seperti berikut:

  • Kepala sering pening
  • Muncul pandangan menyerupai pelangi pada penglihatan
  • Terjadinya penurunan daya lihat secara drastis
  • Sering mual dan muntah akibat rasa pening yang dialami

Siapa yang Berisiko Mengalami Glaukoma?
yang Berisiko Mengalami Glaukoma

Ada banyak pihak yang bisa berisiko mengalami kondisi glaukoma. Siapa saja mereka? Secara umum, tak hanya faktor keturunan semata yang berperan besar memicu terjadinya glaukoma. Berikut detail faktor pemicu terjadinya glaukoma pada seseorang:

1. Faktor Keturunan atau Genetik

Apabila ada anggota keluarga yang sebelumnya pernah menderita penyakit ini, maka besar kemungkinan keturunannya di kemudian hari akan mengalami kondisi yang sama. Risiko ini cenderung lebih besar dibandingkan mereka yang tak memiliki riwayat keluarga dengan glaukoma.

2. Faktor Usia

Semakin lanjut usia seseorang, maka risiko dirinya menderita glaukoma akan semakin besar. Mereka dengan usia 40 tahun ke atas adalah yang paling berisiko besar.

3. Faktor Penyakit Bawaan

Kelompok selanjutnya yang berpeluang besar terserang glaukoma adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti kencing manis, hipertensi, riwayat kecelakaan, dan riwayat operasi di bagian mata sebelumnya.

4. Menderita Gangguan Penglihatan Sebelumnya dan Memakai Kacamata

Pengguna kacamata minus maupun plus (penderita miopia ataupun hipermetropia) juga merupakan kelompok yang berisiko besar terkena glaukoma.

Beragam Cara Mengatasi Glaukoma
Cara Mengatasi Glaukoma

Memang benar kalau penyakit glaukoma bisa mengancam penglihatan, tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukan langkah pencegahan apapun untuk mengatasinya. Ada beberapa langkah atau prosedur yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari glaukoma.

Beberapa langkah tersebut mulai dari yang bersifat medis, pembiasaan pola hidup, sampai yang alami seperti penggunaan herbal ampuh untuk atasi glaukoma. Nah, berikut ulasannya untuk Anda:

1. Mengubah Pola Kebiasaan Sehari-hari

Pola kebiasaan sehari-hari diketahui sangat berkontribusi atas kondisi kesehatan di kemudian hari. Termasuk di antaranya pola kebiasaan yang berkaitan dengan penglihatan atau mata. Sebaiknya Anda membiasakan diri untuk membaca di tempat terang. Hindari membaca di tempat gelap.

Cara lain bisa dengan selalu melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung. Menggunakan kacamata berwarna gelap juga bisa membantu.

2. Konsumsi Bahan Pangan Alami yang Mengandung Astaxanthin

Salah satu studi yang diterbitkan jurnal Molecular Vision mengungkapkan zat bernama astaxanthin terbukti mampu membantu menekan tingkat kerusakan retina akibat tekanan oksidatif (serangan radikal bebas).

Astaxanthin merupakan golongan karotenoid yang sarat akan antioksidan. Kita tahu antioksidan mampu membantu menghambat serangan radikal bebas yang menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, salah satunya glaukoma.

Ada beberapa jenis bahan pangan alami yang sarat akan kandungan astaxanthin, beberapa di antaranya adalah:

  • Wortel
  • Mangga
  • Ubi jalar
  • Blewah
  • Tomat
  • Semangka
  • Paprika kuning atau merah
  • Lobster
  • Salmon
  • Udang
  • Telur ikan
  • Alga merah

3. Konsumsi Bahan Pangan Sarat Asam Lemak Omega 3

Berbicara tentang lemak, tak selamanya ini buruk untuk kesehatan. Salah satu jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh adalah asam lemak omega 3. Diketahui bahwa konsumsi rutin asam lemak omega 3 mampu menekan risiko mengalami glaukoma pada segala usia.

Berbagai studi pun telah mendukung kebenaran fakta ini. Dari penelitian yang ada diketahui bahwa asam lemak omega-3 mampu membantu menurunkan kompresi intraokular (bola mata) khususnya pada mereka yang menunjukkan gejala glaukoma dini.

4. Mengkonsumsi Ekstrak Bilberry

Ada banyak studi yang membuktikan bahwa di sekitar kita terdapat zat alami dan bahan tradisional yang dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan mata (khususnya yang mengalami kerusakan akibat glaukoma).

Tanaman jenis berry khususnya bilberry adalah salah satu yang terkenal mampu meredakan masalah terkait glaukoma pada mata. Buah berry dikemas dalam bentuk ekstrak dan Anda bisa menemukan ekstrak tersebut pada suplemen herbal alami.

Penting Diingat Terkait Glaukoma
Hal Yang Perlu Diperhatikan Glaukoma

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait glaukoma. Beberapa hal ini penting untuk diingat agar Anda tidak salah mengambil langkah penanganan. Beberapa hal tersebut meliputi:

  • Ada berbagai jenis obat herbal yang mengaku dapat mampu menyembuhkan sepenuhnya penyakit glaukoma. Namun, penting untuk diketahui bahwa sampai saat ini, glaukoma sebenarnya belum dapat disembuhkan sepenuhnya dengan metode apapun.
  • Kalaupun ada metode atau pengobatan yang mengklaim mampu menyembuhkan glaukoma, itu hanya dalam batas mengurangi kadar keparahan saja.
  • Terapi glaukoma hanya mampu membantu mengendalikan atau mencegah gejala-gejala glaukoma agar tidak semakin parah.
  • Kalaupun Anda memilih bahan herbal untuk penanganan glaukoma, tetap lengkapi dengan resep atau solusi dari dokter untuk dapat memantau perkembangan kondisi glaukoma yang Anda derita.

Bilberry Adawiyah 99 untuk Glaukoma
Bilberry Adawiyah 99

Salah satu herbal ampuh untuk mengatasi glaukoma adalah Bilberry Adawiyah 99. Ini merupakan salah satu suplemen herbal dengan ekstrak buah bilberry murni yang sangat baik untuk membantu mengatasi gejala gangguan glaukoma pada penglihatan.

Glaukoma sebagaimana gangguan mata lainnya seperti miopi atau hipermetropi bisa ditangani dengan suplemen yang mengandung ekstrak bilberry. Selain itu, kandungan zat antioksidan seperti lutein dan flavonoid terbukti mampu menyuplai ketersediaan kolagen yang baik untuk pembuluh darah di area mata.

Bilberry Adawiyah 99 merupakan produk herbal ampuh untuk atasi glaukoma yang berbasis studi klinis. Jadi, semua klaim dan indikasi dari produk herbal ini bisa dipertanggungjawabkan.

Sekarang semuanya kembali lagi pada Anda sebagai konsumen cerdas yang mampu memilah mana produk terbaik sesuai dengan kebutuhan. Untuk meringankan kondisi glaukoma, Bilberry Adawiyah 99 bisa dipilih dan dipercaya.

Tinggalkan komentar