Penting, Ketahui Cara Mencegah Mata Plus Berikut Ini

Mata plus menjadi salah satu gangguan penglihatan yang sering terjadi menjelang usia lanjut. Namun, bila ditelaah lebih lanjut, ternyata tidak hanya mereka yang berusia lanjut saja yang mengalaminya. Bahkan bayi baru lahir pun bisa mengalami kondisi ini.

Berbagai cara mencegah mata plus sebenarnya bisa dicoba, mulai dari mengubah pola kebiasaan, memanfaatkan bahan alami, hingga solusi medis.

Apa Itu Mata Plus?
Mata Plus

Mata plus atau istilah lainnya rabun dekat sebenarnya adalah gangguan penglihatan dimana penderitanya tak mampu melihat objek jarak dekat. Uniknya, justru si penderita mata plus bisa melihat suatu objek yang berada jauh darinya secara lebih jelas.

Kondisi mata plus atau rabun dekat merupakan kebalikan dari kondisi mata minus atau rabun jauh. Ketidakmampuan ini disebabkan oleh banyak faktor. Yang pasti, kondisi mata tak lagi bekerja sebagaimana kondisi mata normal.

Penyebab Kondisi Mata Plus

Penyebab Mata Plus

Kondisi mata plus bisa terjadi akibat cahaya yang masuk ke mata jatuhnya tidak pas mengenai retina, namun di bagian belakangnya. Hal demikian terjadi akibat bentuk lensa mata atau kornea yang tak normal. Bisa juga dikarenakan bola mata penderita yang terlalu pendek.

Selain penyebab pokok diatas, ada beberapa faktor pemicu yang membuat Anda bisa mengalami mata plus, yakni:

  • Adanya riwayat sakit diabetes
  • Usia sudah diatas 40 tahun atau usia lanjut
  • Adanya riwayat orang tua yang juga mengalami mata plus
  • Adanya tumor di area sekitar mata
  • Adanya kelainan pada mata, misalnya microphthalmia (sindrom mata kecil) dan aniridia (kelainan iris mata)

Selain terjadi pada orang tua, mata plus juga bisa terjadi pada bayi atau anak. Penyebabnya sendiri ternyata karena kebiasaan merokok si ibu hamil ketika masa kehamilannya, sehingga bayi yang dilahirkan mengalami risiko lebih besar menderita mata plus.

Gejala Mata Plus
Gejala Mata Plus

Sebagaimana penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, ada beberapa gejala atau ciri-ciri yang dirasakan penderita ketika mengalami mata plus. Beberapa gejala tersebut di antaranya adalah:

  • Mengalami kesulitan ketika harus fokus pada objek tertentu dalam jarak dekat.
  • Sering menyipitkan mata agar bisa melihat objek dalam jarak dekat tersebut.
  • Objek jarak dekat yang dilihat nampak terlihat buram.
  • Objek jarak dekat mungkin tampak buram.
  • Mata sering merasa lelah (eyestrain) dan tidak nyaman ketika melihat objek jarak dekat.
  • Merasakan pusing setelah melakukan aktivitas mata intens seperti membaca atau memfokuskan mata pada objek tertentu yang berjarak dekat.

Komplikasi Akibat Mata Plus
Komplikasi Mata Plus

Ternyata ada beberapa kondisi komplikasi kesehatan yang disebabkan oleh mata plus. Jadi, Anda harus waspada dan tidak acuh apabila mengalami kondisi mata plus. Dengan penanganan yang tepat dan cepat, kondisi-kondisi berikut setidaknya tidak sampai berlarut-larut. Beberapa di antaranya:

1. Kelelahan Mata Akut

Karena harus mempertahankan fokus terhadap suatu objek tertentu yang dekat, penderita akan merasakan kelelahan akut pada bagian matanya. Tentu saja efeknya berimbas pada rasa pusing, mata berair, hingga penglihatan berkabut.

2. Strabismus (Mata Juling)

Pada penderita anak-anak, kondisi mata juling bisa berisiko terjadi ketika kondisi mata plus tidak segera tertangani. Karena otot mata yang bekerja terlalu keras, strabismus bisa berkembang.

3. Terganggunya Kegiatan Sehari-hari

Kualitas hidup juga ikut terpengaruh bila kondisi mata plus tidak segera tertangani. Sebagai contoh, Anda tak akan bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan tepat pada waktunya akibat kondisi penglihatan yang tak maksimal.

Penanganan Kondisi Mata Plus
Penanganan Mata Plus

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara mencegah mata plus. Beberapa hal ini meliputi penggunaan alat bantu mata, penanganan medis, hingga penggunaan cara-cara alami. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak bisa digunakan sebagai alat bantu penglihatan. Untuk menggunakannya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan optik atau petugas kesehatan yang memeriksa kondisi mata Anda agar bisa dipilih lensa kontak yang tepat.

2. Menggunakan Kacamata

Selain lensa kontak, kacamata dengan ukuran lensa yang telah disesuaikan dengan besaran plus yang dialami juga bisa membantu Anda melihat dengan jelas. Kacamata relatif lebih aman dan tidak melukai mata.

3. Operasi

Langkah medis berupa operasi bisa dilakukan untuk menangani mata plus. Prosedur medis ini dilakukan dengan cara membentuk kembali lengkungan pada kornea, sehingga akhirnya bayangan bisa jatuh tepat di lokasi seharusnya.

Prosedur operasi untuk mata plus dikenal dengan LASIK. Lalu, apakah yang dimaksud dengan LASIK? Prosedur ini sebenarnya hanya dipraktekkan pada usia dewasa. Mereka yang masih anak-anak tidak disarankan karena kondisi keparahan mata plus mereka bisa berubah seiring waktu.

Berbeda dengan orang dewasa, dimana pertumbuhan bola mata mereka sudah berhenti memasuki usia 21 tahun.

4. Memanfaatkan Pengobatan Herbal

Pengobatan alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal juga tak kalah efektif. Saat ini, ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Salah satu dari bahan alami tersebut adalah buah bilberry yang diketahui memiliki kandungan cukup ampuh untuk mata.

Tips Mencegah Gangguan Mata Sejak Dini

Tips Mencegah Mata Plus

Gangguan pada mata (terkhusus mata plus) bisa saja terjadi pada usia anak-anak. Maka dari itu, orang tua harus berperan aktif melakukan langkah pencegahan. Berikut beberapa antisipasi yang bisa dilakukan:

  • Sejak dini sebaiknya orang tua sudah rutin mengajak anak untuk memeriksakan mata (terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kelainan mata bawaan).
  • Sebaiknya orang tua aktif mengamati kondisi penglihatan anak, apakah penglihatan masih dalam kondisi baik atau tidak (sesekali lakukan tes ringan untuk menguji ketajaman penglihatan anak).
  • Membiasakan anak untuk melakukan aktivitas yang melibatkan penglihatan di tempat yang terang (mengatur pola kebiasaan).
  • Memberikan suplemen atau multivitamin yang menunjang kesehatan mata anak.

Bilberry Adawiyah 99 untuk Mengobati Mata Plus

Bilberry Adawiyah 99

Bilberry Adawiyah 99 adalah salah satu produk herbal yang mengandung ekstraksi dari buah bilberry. Begitu banyak zat aktif yang terkandung dalam produk ini. Bilberry Adawiyah 99 bisa menjadi satu bagian dari cara mencegah mata plus. Beberapa kandungan esensialnya adalah:

1. Zat Aktif

Zat aktif dalam bilberry yang sangat penting untuk mata berupa polifenol. Zat ini dapat membantu melancarkan aliran mikro pada metabolisme tubuh serta melancarkan sirkulasi darah menuju retina mata. Fungsi inilah yang membuat Bilberry Adawiyah 99 efektif menangani masalah pada mata.

2. Anti Oksidan

Kandungan antioksidan baik dalam Bilberry Adawiyah 99 contohnya adalah anthocyanin, anthocyanosides, dan proanthocyanidins bisa melindungi mata akibat serangan radikal bebas.

Ekstrak bilberry dalam Bilberry Adawiyah 99 juga mengandung lutein, dimana ini dapat membantu mempertahankan kekuatan dinding kapiler yang bertugas mengedarkan darah ke area mata. Dengan dinding kapiler yang kuat, sirkulasi darah bisa berjalan dengan baik menuju ke retina mata.

Nah, menakjubkan sekali bukan mengetahui betapa bilberry memiliki khasiat yang sangat banyak untuk mata? Ragam manfaat bilberry ini bisa Anda peroleh pada Bilberry Adawiyah 99  yang  mengandung ekstrak bilberry murni, lutein, multivitamin, serta mineral yang penting untuk kesehatan mata.

Tinggalkan komentar