Sebelum Terkena Katarak, Simak Cara Mencegah Katarak Berikut Ini

Katarak merupakan salah satu permasalahan  kesehatan khususnya kesehatan mata  yang semestinya menjadi perhatian dikarenakan efek gangguan ini cukup tinggi hingga mencapai 50% dari penyebab kebutaan di Indonesia. Untuk itu, cara mencegah katarak menjadi hal yang wajib Anda ketahui.

Sisi positif dari semakin meningkatnya harapan hidup masyarakat Indonesia hendaknya juga dibarengi dengan gencarnya pengetahuan tentang cara pencegahan gangguan mata ini. Hal ini cukup beralasan karena katarak sejauh ini menjadi masalah utama kesehatan masyarakat menjelang usia lanjut.

Definisi Katarak

Definisi Katarak

Penamaan gangguan mata yang satu ini diambil dari bahasa bahasa Yunani yakni ‘Katarrakters’ yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Adapun dalam bahasa Indonesia, ini sering disebut bulan yang mendeskripsikan penglihatannya seakan tertutup dengan air (terjun).

Secara medis, katarak merupakan suatu keadaan keruhnya lensa mata yang disebabkan oleh penambahan cairan (lensa). Seringkali ditemukan bahwa kekeruhan pada lensa mata ini terjadi secara progresif (perlahan namun terus-menerus) dan tidak menuju ke arah perbaikan.

Epidemiologi Katarak
Epidemologi Katarak

Pencegahan katarak menjadi sedemikian krusial karena tingginya kasus gangguan katarak ini di berbagai dunia. Beberapa penelitian di negara maju telah berhasil memetakan bahwa sekitar 10% warga negara Amerika Serikat mengalami gangguan mata katarak.

Prevalensinya pun makin meningkat dengan angka mencapai 50% bagi warga negara AS yang berusia 65 hingga 74 tahun, dan sekitar 70% pada usia yang telah melebihi 75 tahun.

Data progresivitas yang dikeluarkan NHANES (National Health and Nutritional Examination Survey) mengungkapkan bahwa sekitar 12% katarak terjadi pada rentang usia 45 hingga 54 tahun, lalu 27% di usia 55 hingga 64 tahun, dan sekitar 58% di rentang usia 65 hingga 74 tahun.

Sedangkan di Indonesia sendiri, didasarkan pada data Kementerian Kesehatan tahun 2010, terungkap bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan lebih dari 15% untuk terkena katarak daripada dengan warga negara di negara-negara subtropik.

Kebutaan di Indonesia mencapai 1,5% dari jumlah penduduknya dengan prevalensi penyebab utama katarak berada di angka 0,78%.

Jenis-Jenis Gangguan Katarak

Jenis Jenis Mata Katarak

Untuk mengambil langkah yang tepat mengenai cara mencegah katarak, ada baiknya Anda mengetahui sekilas tentang jenis-jenis katarak. Berbagai jenis katarak ini merupakan klasifikasi berdasarkan dan aspek-aspek yang materi studi dan kajian yang bersifat ilmiah. Katarak digolongkan atas:

1.     Katarak yang Terjadi pada Anak

Dikemukakan bahwa 1/3 katarak yang terjadi pada anak disebabkan faktor keturunan dan selebihnya sekitar 2/3 dikarenakan berbagai penyakit metabolic, infeksi atau juga yang terkait dengan sindrom-sindrom tertentu. Katarak pada anak terbagi menjadi dua yakni:

  • Katarak Kongenital
  • Sering terjadi pada bayi dengan usia belum 1 tahun.
  • Cukup banyak bayi mengalami kebutaan dikarenakan penanganan yang kurang tepat.
  • Selaput putih padat dapat terlihat secara jelas pada bayi yang mengalaminya dan sebagian besar orang tua menyadari hal tersebut.
  • Penyebab dari mulai abnormalitas mata, infeksi intrauterine, atau infeksi rubella.
  • Bayi lahir prematur lebih berisiko.
  • Katarak Didapat dari Lahir
  • Terjadi saat setelah melahirkan.
  • Disebabkan keadaan-keadaan spesifik.
  • Memerlukan diagnose yang lebih detail dikarenakan tak dapat diperhatikan secara fisik.

2.     Katarak Senilis

Jenis katarak ini adalah yang paling banyak dialami manusia dengan jumlah persentase mencapai 90%. Katarak jenis ini ditemukan paling sering pada seseorang yang telah berusia lebih dari 40 tahun.

Faktor Risiko Serta Penyebab Umum Katarak
Faktor Resiko Dan Penyebab Katarak

Berdasarkan berbagai temuan dalam studi serta penelitian ilmiah, penyebab sebagian besar kondisi katarak dikarenakan faktor penambahan usia pada seseorang, atau istilah lainnya adalah proses degeneratif.

Akan tetapi, yang harus Anda sadari adalah terjadinya katarak merupakan titik kumulatif dari berbagai kebiasaan hidup dan faktor-faktor risiko lainnya, seperti:

  • DNA/riwayat keluarga, dimana seseorang dengan status memiliki kerabat dengan gangguan katarak dipastikan lebih berisiko mengalami kondisi ini.
  • Trauma, yakni benturan pada daerah mata.
  • Kebiasaan buruk merokok serta konsumsi minuman beralkohol.
  • Konsumsi steroid dalam jangka panjang secara rutin juga membuat risiko terkena katarak relatif tinggi.
  • Mengidap diabetes, dimana tingginya gula darah mengakibatkan pembengkakan yang sangat akut pada lensa mata
  • Seringnya terpapar UV matahari secara berlebihan.
  • Menderita berbagai penyakit sistemik misal jantung, hipertensi, pneumonia.
  • Kurangnya asupan nutrisi, vitamin, dan berbagai zat penting lainnya seperti karotenoid akibat gaya dan pola makan yang buruk.

Beberapa Cara Mencegah Katarak

Cara Mencegah Mata Katarak

Dari uraian penyebab katarak, Anda akan dapat memahami bagaimana menentukan langkah untuk mencegah katarak. Faktor usia pastinya tak mungkin untuk Anda hindari, tetapi berdamai dengan faktor tersebut dan berusaha menyikapi berbagai penyebab lainnya sekiranya dapat menjadi solusi.

Berikut rekomendasi cara untuk mencegah katarak sesuai anjuran medis:

  • Rutin melakukan pemeriksaan mata ke dokter.
  • Melindungi mata agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Mengubah pola kebiasaan hidup dengan berhenti merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Menjaga berat badan agar jangan sampai melebihi standar normal.
  • Menjaga dan mengatur pola asupan makanan.
  • Menunjang asupan zat-zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi suplemen nutrisi yang aman dan teruji secara klinis

Bilberry Adawiyah 99, Solusi Cerdas untuk Mencegah Katarak
Bilberry Adawiyah 99

Satu cara mencegah katarak adalah selalu menjaga asupan gizi dan berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih bagi Anda yang mulai berusia lanjut, dimana asupan nutrisi harus tetap terjaga. Namun, mereka yang mulai berusia lanjut sering bermasalah dengan pemenuhan asupan nutrisi.

Salah satu pilihan paling ideal adalah mengkonsumsi asupan nutrisi tersebut dalam bentuk ekstrak seperti halnya Bilberry Adawiyah 99. Bilberry Adawiyah 99 merupakan ekstrak buah bilberry murni dengan kualitas terbaik yang tumbuh di daerah bebas polusi di dataran tinggi skotlandia.

1.     Manfaat Utama

Bilberry Adawiyah 99 terbukti klinis mampu menghambat perkembangan gangguan katarak bahkan memulihkan sepenuhnya penglihatan Anda. Berbagai zat antioksidan yang dikandung dalam ekstrak ini akan bersinergi bersama senyawa antosianin, lutein, dan berbagai nutrisi lainnya.

2.     Manfaat Lain

Satu hal yang menarik, ternyata tidak hanya katarak dan kesehatan indera penglihatan saja yang mampu diatasi. Lebih dari itu, Bilberry Adawiyah 99 dengan berbagai zat aktif yang dikandungnya mampu menjaga kesehatan tubuh lainnya termasuk di antaranya organ jantung.

3.     Proses Pengolahan

Proses dari budidaya hingga pengolahan bilberry hingga berbentuk ekstrak Bilberry Adawiyah 99 dipastikan telah memenuhi standar SNI dan BPOM dengan bukti sertifikasi yang dimiliki produk ini. Bagi Anda penderita katarak, konsumsi Bilberry Adawiyah 99 adalah sebuah langkah yang bijak.

Berbagai macam cara diusahakan untuk mencegah penyakit katarak. Mengingat katarak bisa terjadi pada segala usia, baik usia muda maupun tua, maka alangkah baiknya dilakukan langkah pencegahan. Bilberry Adawiyah 99 adalah satu langkah pencegahan yang bisa Anda andalkan.

Tinggalkan komentar